Pages

January 12, 2013

Majalah Figur Edisi Mei 2012 (Ebook)

 


Ebook Majalah FIGUR Edisi Mei 2012 (pdf)
DOWNLOAD
atau
DOWNLOAD


Kebangkitan Pendidikan Kejuruan.

Itulah tema yang diangkat redaksi majalah Figur pada edisi terbarunya ini. Sebagaimana diungkapkan oleh Pimred majalah ini dalam Pena Redaksi, "SMK merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai visi dan misi untuk mencetak lulusan yang berkompetensi, mempunyai skill, dan siap masuk ke dalam dunia kerja. Oleh karena itu, pada edisi kali ini kami ingin menguak sisi menarik dan keberhasilan pendidikan kejuruan yang baru-baru ini menjadi isu nasional, serta wacana tentang pendidikan vokasional."

Rubrik Liputan Khusus menyajikan pembahasan "Kemerdekaan SMK dari Belenggu Masyarakat". Pembahasan ini didasari atas mulai tertariknya masyarakat terhadap sekolah kejuruan. Setelah beberapa waktu SMK "dianaktirikan", baik oleh pemerintah maupun masyarakat, kini SMK mulai memperlihatkan "taringnya". Keberhasilan siswa-siswa SMK membuat mobil, yang kemudian menjadi isu nasional, membuktikan bahwa SMK mampu menjadi lembaga pendidikan yang menyediakan tenaga-tenaga yang terdidik dan terampil.

Pada Liputan Umum terdapat artikel "Menuju Pendidikan Vokasional". Pembahasan artikel ini masih terkait dengan artikel pada Liputan Khusus. Artikel pada rubrik Liputan Umum ini dibuka dengan pernyataan Bob Sadino, "Pendidikan yang ada sekarang ini banyak menghasilkan orang-orang yang arogan, yang merasa pintar, namun tidak punya keterampilan dan kompetensi untuk melakukan tindakan yang seharusnya dilakukan untuk membuat Indonesia maju dan sejahtera".Pendidikan vokasional adalah pendidikan yang memuat kurikulum yang peka terhadap keperluan tenaga-tenaga ahli dalam suatu industri nyata.

Selain dua artikel di atas, ada dua artikel lagi yang menyoroti pendidikan di Indonesia, yaitu pada rubrik Kolom dan Opini. Rubrik Kolom menyajikan artikel berjudul "Dramatisasi Pendidikan di Era Globalisasi", sedangkan rubrik Opini menyajikan artikel berjudul "Saat Sekolah Menjadi Elitis."

Ada lagi satu rubrik yang menyinggung masalah pendidikan, khususnya  dalam proses pembelajaran, yaitu rubrik Artikel Lepas dengan artikel berjudul "Guru yang Expert: Teladan dan Perlu Diteladani". Artikel ini menyajikan bagaiamana seharusnya menjadi seorang guru yang expert sehingga pantas untuk menjadi teladan bagi siswanya.

Selain masalah pendidikan, masih banyak artikel yang disajikan dalam majalah yang bersampul warna cerah dan gambar mobil esemka ini. Di antaranya yaitu Cerpen, Religi, Planet Mahasiswa yang menyoroti komunitas Metamorphose, Nuansa Ilmiah yang menyajikan artikel "Manfaat Sarapan Pagi dan Akibat Tidak Sarapan Pagi", Do You Know "Apa Pengaruh Musik Terhadap Kepribadian Seseorang", Iptek, Info Sehat, "Tips Mengelola Emosi", dan yang lainnya.

Artikel-artikel dalam majalah FIGUR edisi Mei 2012 sebagian dapat dibaca di blog ini, khususnya yang membahas masalah pendidikan. Link artikel-artikel tersebut ada di bawah ini:
Anda juga dapatmembaca keseluruhan artikel dalam Majalah FIGUR Edisi Mei 2012 dengan mendownload versi ebook (*pdf). Link-nya berikut ini:

Download ebook Majalah FIGUR Edisi Mei 2012:



No comments:
Write comments