Pages

September 28, 2014

Menghias Kelas (Catatan Pak Guru #5)

Ruang kelas IX B, SMP IT Mutiara Insan Sukoharjo

Saya Sukrisno Santoso, biasa dipanggil Pak Kris, guru Bahasa Indonesia di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo.

Beberapa waktu lalu diadakan kegiatan menghias kelas bagi para siswa. Kegiatan ini dilakukan pada awal masuk sekolah setelah siswa libur kenaikan kelas.

Aktivitas menghias kelas bagi siswa mungkin hanya dianggap sebagai aktivitas pengisi waktu luang dan sebagai kesenangan saja. Akan tetapi, sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas tersebut bagi siswa.

Menghias kelas membutuhkan koordinasi tim -dalam hal ini ialah siswa dalam satu kelas. Ada pembagian tugas siapa yang membuat ini, siapa yang membuat itu, siapa yang menghias bagian ini, siapa yang menghias bagian itu.

Pembagian tugas berarti pula pembagian amanah (tanggung jawab). Setiap siswa diharuskan melaksanakan tugasnya masing-masing.

Menghias kelas membutuhkan kreativitas. Siswa akan berusaha membuat hiasan yang menarik dan sedap dipandang. Di sinilah kreativitas siswa dapat dilatih dan dikembangkan.

Kegiatan menghias kelas biasanya dilakukan siswa dengan hati riang. Mereka melakukannya sambil bercengkerama dan bercanda. Hal ini dapat membangun keakraban antarsiswa. Kecerdasan sosial dapat dikembangkan melalui kegiatan yang menyenangkan tersebut.

Jika kegiatan menghias kelas dilombakan, hal tersebut menambah manfaat yaitu terpacunya semangat siswa dengan kompetisi. Siswa akan belajar berkompetisi menghadirkan karya yang terbaik.

Pemberian hadiah bagi pemenang menjadi sebuah apresiasi atas kerja keras siswa. Penghargaan terhadap karya siswa mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Bagi siswa yang bukan pemenang, hal tersebut menjadi pembelajaran untuk berlapang dada dan menerima segala sesuatu dengan hati tenang.

Hasil dari kegiatan menghias kelas adalah sebuah kelas yang nyaman. Siswa menjadi merasa nyaman belajar di dalam kelas.

Siswa juga akan lebih menghargai kelas dan fasilitasnya karena siswa merasa memiliki. Mereka telah "membangun" kelasnya dengan kerja keras sehingga akan memperhatikan perawatannya.

---

Sukoharjo, 12 Agustus 2014

***

No comments:
Write comments