Pages

November 25, 2015

Guru yang Dikenang

Saya guru yang bagaimanakah?

Saya baru ngeh kalau hari ini, 25 November, adalah hari guru setelah melihat kilasan berita di timeline media sosial yang menanyangkan acara peringatan Hari Guru yang dihadiri oleh presiden, para pejabat, dan ribuan guru yang berseragam putih. Maklum, saya takmudah mengingat-ingat hari dan tanggal peringatan nasional.

Murid-murid saya di kelas juga mengingatkan saya akan hari yang spesial bagi profesi guru ini dengan ucapan mereka, “Pak Guru, Selamat Hari Guru.”

Di Hari Guru ini, saya mengingat-ingat guru-guru yang pernah mengajar saya di SD. Dan, sungguh maafkan saya wahai Bapak Ibu Guruku, saya tak mahir dalam hal mengingat-ingat nama. Soal wajah dan sikap, saya memang masih ingat dengan mereka. Jika bertemu dengan salah satu guru di jalan, saya akan mengingat wajahnya, namun sayangnya seringkali saya lupa namanya.

Saya ingat, beberapa guru SD saya. Wali kelas saya yang murah senyum dan baik hati. Guru Olahraga yang penuh semangat dan sering menraktir. Guru Agama yang perawakannya besar dan suaranya keras, dan guru lainnya.

SMP dan SMA, saya mengingat beberapa nama guru dan sifat mereka. Masing-masing memiliki ciri khas dan kelebihan sendiri-sendiri. Namun, ada juga guru yang tak terlupakan saking galaknya.

Begitulah, ternyata guru-guru kita akan selalu dalam kenangan. Baik kenangan manis, pahit, suka, dan duka. Ada guru yang dikenang karena kesabarannya. Ada yang dikenang karena kegalakannya. Ada yang dikenang karena cara mengajarnya yang asyik. Ada yang dikenang karena sering menjadi tempat bercerita. Ada yang dikenang karena ketegasannya.

Saya pernah menanyakan kepada beberapa murid: siapakah guru yang paling diingat? Mereka mengingat-ingat dengan jelas guru-guru yang meninggalkan bekas atau kesan di hati mereka, baik itu kesan baik maupun kesan buruk.

Pada Hari Guru ini, ada satu pertanyaan yang menelusup di hati saya. Suatu hari nanti, saya akan dikenang sebagai guru yang bagaimanakah oleh murid-murid saya.

***
Sukoharjo, 25 November 2015

No comments:
Write comments