Pages

September 28, 2014

Kecintaan pada Sekolah (Catatan Pak Guru #1)

Gedung SMP IT Mutiara Insan Sukoharjo

Salah satu permasalahan yang dihadapi sekolah dengan jumlah siswa yang sedikit yaitu kurangnya kecintaan siswa terhadap sekolah. Hal ini wajar terjadi karena siswa cenderung membandingkan sekolahnya dengan sekolah lain. Ketika siswa melihat sekolah lain memiliki keunggulan-keunggulan ia merasakan dorongan untuk bisa menikmati keunggulan-keunggulan tersebut. Saat siswa tidak bisa menemukan keunggulan-keunggulan tersebut ada pada sekolahnya, ia akan merasa kecewa hingga rasa kecintaannya terhadap sekolah menjadi berkurang.

Pada usia remaja, siswa cenderung ingin mempunyai teman yang banyak. Hal inilah yangmendorong siswa merasa iri dengan sekolah lain dengan jumlah siswa yang banyak. Lahirlah dalam diri siswa rasa kecewa dan menurunnya kecintaan terhadap sekolah dikarenakan sekolahnya tidak mampu menyediakan apa yang dibutuhkannya, yaitu teman yang banyak.

Mengatasi permasalah tersebut dapat dilakukan dengan cara verbal dan tindakan. Secara verbal, siswa senantiasa diberi motivasi dan inspirasi tentang kecintaan terhadap ilmu, lingkungan sekolah, guru dan karyawan sekolah. Penyampaian kata-kata hikmah atau kisah-kisah inspiratif diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan kecintaan siswa terhadap sekolah.

Tindakan yang dapat dilakukan oleh sekolah yaitu dengan membuat siswa merasa nyaman berada di sekolah. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan fasilitas, menigkatkan kualitas pembelajaran, peyalanan yang lebih baik, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan lain di luar jam sekolah. Melaksanakan kegiatan bersama dapat mempererat hubungan antarsiswa dan hubungan guru-siswa. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan di antaranya:

1. Outbond
2. Mabit (malam bina iman dan takwa)
3. Olahraga
4. Karyawisata
5. Silaturahmi ke rumah orang tua siswa

Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap sekolah sehingga siswa merasa nyaman dan semakin semangat dalam belajar.

***

Sukoharjo, 20 April 2013

No comments:
Write comments