Pages

September 28, 2014

Niat Belajar (Catatan Pak Guru #6)

Siswa kelas VIII A (pura-pura) tidur saat pelajaran

Saya Sukrisno Santoso -biasa dipanggil Pak Kris- guru Bahasa Indonesia di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo.

Dulu pada masa kuliah, saya melaksanakan kegiatan PPL di sebuah sekolah swasta elit. Hampir semua siswa di sekolah itu merupakan anak dari kalangan menengah ke atas. Sebagian besar orang tua mereka adalah pengusaha atau pejabat. Tak sedikit yang berasal dari luar Jawa.

Mungkin karena terbiasa dimanjakan dengan kemewahan dan hidup yang enak, sebagian siswa tersebut bermalas-malasan saat di sekolah. Ada beberapa yang tidak menghormati guru dengan berbuat ramai di kelas, tidur di kelas, ataupun keluar kelas tanpa izin. Mereka yang keluar kelas biasanya kembali dalam waktu lama atau malah tidak kembali ke kelas lagi.

Saat saya praktek mengajar, yang pertama saya lakukan adalah membuka pintu kelas lebar-lebar.

"Silakan," kata saya kepada para siswa," bagi yang tidak ingin mengikuti pelajaran bisa keluar kelas."
Tidak ada siswa yang menjawab atau yang keluar kelas.

"Berarti kalian siap untuk mengikuti pelajaran." Setelah itu, pintu kelas saya tutup rapat-rapat. Saya kunci.

Saat pembelajaran berlangsung, beberapa siswa terlihat malas-malasan. Ada juga yang menyandarkan kepala di atas meja hendak tidur. Saya minta siswa yang terlihat malas-malasan untuk membaca buku dengan keras. Siswa yang hendak tidur tadi saya foto. Tentu mereka akan malu jika dirinya sedang tidur di kelas difoto. Siswa tersebut kemudian tak jadi tidur.

Pembelajaran di sekolah akan berjalan dengan baik jika guru dan siswa sama-sama memiliki niat untuk belajar dan mengajar.

Jika siswa tidak berniat untuk belajar, maka saya akan mempersilakannya untuk tidak mengikuti pelajaran. Demikian.

---

Sukoharjo, 26 Agustus 2014

***

No comments:
Write comments