Pages

September 28, 2014

Wali Kelas (Catatan Pak Guru #4)

Sedang menikmati kerja

Saya Sukrisno Santoso, biasa dipanggil Pak Kris. Saya wali kelas VIII B di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo.

Salah satu hal yang dapat membuat saya merasa canggung ialah ketika bertatap muka dengan orang tua siswa saat menyerahkan hasil belajar akhir semester.

Para orang tua siswa sebagian besar adalah tenaga pendidik juga: PNS. Sebagian malah kepala sekolah. Sebagian yang lain pengusaha. Saya hanya seorang guru muda yang belum menikah. : )

Dalam hal mendidik anak, mereka lebih berpengalaman. Begitu pula dalam hal pendidikan formal. Saya merasa kurang pantas berbicara mengenai pendidikan anak kepada mereka. Apalagi untuk memberi saran apa yang harus dilakukan mereka untuk membelajarkan anak di rumah.

Namun, bagaimana lagi. Sudah menjadi tugas wali kelas untuk memberikan evaluasi hasil belajar dan memberikan saran agar anak menjadi lebih baik.

---

Sukoharjo, 21 Juni 2014, duduk di bawah malam, menikmati semilir angin malam dan suara jengkerik yang bersahutan.

***

No comments:
Write comments